Mau Lulus Survey Asuransi Mobil? Lakukan Hal Berikut


Padatnya kondisi lalu lintas dan risiko mobilitas yang tinggi membuat pemilik kendaraan khususnya mobil seringkali justru merasa was-was, baik saat kendaraan ditinggal di rumah/tempat kerja/lokasi lain maupun saat kendaraan digunakan. Jika ditinggalkan takut kemalingan dan jika digunakan takut terjadi kecelakaan akibat padatnya lalu lintas. Hal ini seringkali mengganggu pemilik mobil yang tinggal di kota besar seperti di Jakarta.

Jika memiliki mobil apalagi di Jakarta, solusi mengatasi rasa was-was tersebut adalah dengan mengambil produk asuransi mobil sehingga risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dan sering mengkhawatirkan tadi akan dialihkan kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin.

Biaya kecelakaan atau risiko kehilangan bisa membuat Anda bangkrut jika harus membayarnya dari kantong sendiri. Bahkan kerugian yang relatif kecil pun bisa mengganggu secara finansial, dan beberapa kerugian lain bisa mengancam sewaktu-waktu. Memiliki asuransi mobil membantu melindungi aset dan menggunakan alokasi uang untuk mencapai tujuan keuangan penting lainnya.


Asuransi Mobil Memiliki Dua Karakteristik

Ada dua pilihan produk asuransi mobil sesuai dengan jenis proteksi yang diberikan yaitu asuransi all risk dan asuransi total loss only. Dari dua karakteristik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung dari kebutuhannya. Ini dia penjelasan lebih jelas mengenai jenis-jenis proteksi pada asuransi mobil.

1. Karakteristik Asuransi Mobil All risk (Comprehensive)
Cakupan asuransi Mobil All risk (Comprehensive) berlaku untuk kejadian apapun yang tidak dikecualikan oleh polis asuransi. Semua cakupan risiko, yang juga disebut cakupan bahaya, menawarkan perlindungan yang jauh lebih luas daripada cakupan risiko jenis asuransi Total loss only, yang hanya mencakup minimal risiko 75 % kerusakan sesuai dengan kebijakan yang tercantum dalam polis.

Asuransi mobil all risk bisa melindungi kendaraan dari beberapa risiko yang tidak terdapat pada produk asuransi lain. Semua risiko di sini merupakan jenis pertanggungan asuransi yang telah diuraikan secara khusus dalam kontrak polis dan tidak masuk dalam pengecualian. Pengecualian biasanya terjadi pada kondisi khusus seperti cakupan banjir, huru-hara, bencana alam atau kondisi force majeur lainnya.

Prinsipnya asuransi all risk melindungi kendaraan secara menyeluruh kecuali yang masuk dalam klausul pengecualian. Jika ingin memasukan kalusul tersebut, Anda bisa menambah proteksi manfaat, misalnya saja manfaat klaim untuk huru-hara, force majeur, tanggung jawab hukum pihak III dan sebagainya.

2. Karakteristik Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Dengan kenaikan harga bahan bakar minyak yang mempengaruhi biaya memiliki mobil, ada baiknya juga mencari cara untuk memotong biaya operasional terkait lainnya misalnya saja asuransi mobil. Semua pemilik kendaraan harus peduli dan idealnya memiliki perlindungan asuransi. Bagi yang ingin berhemat dengan proteksi yang sederhana, asuransi total loss only bisa jadi pilihan alternatif.

Berbeda dengan All risk, asuransi Total loss only (TLO) hanya melindungi kendaraan nasabah yang mengalami risiko kehilangan total atau kerusakan yang terjadi di atas 75%. Pahami juga beberapa kondisi yang masuk kategori pengecualian tidak bisa klaim seperti penipuan dann penggelapan.

Dalam kasus ini penting juga diperhatikan mengenai kasus parkir vallet. Parkir jenis ini banyak ditawarkan di pusat perbelanjaan atau hotel di kota besar, dimana pemilik kendaraan dengan sengaja menitipkan kendaraan kepada pengelola parkir vallet. Jika terjadi risiko kehilangan, maka masuk kategori kesengajaan yang tidak bisa di klaim baik dalam produk asuransi All risk maupun TLO.

Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!


Membeli  Asuransi Bisa Dilakukan Secara Online, Pastikan dapat Manfaat Ini
asuransi mobil online
Asuransi Mobil Online

Di jaman teknologi canggih seperti ini, tidak hanya belanja barang saja yang online, membeli produk asuransi juga bisa dilakukan lewat jaringan internet. Sistem online selain ada risiko penipuan dan sebagainya, juga memberi kemudahan membandingkan produk serta melihat reputasi perusahaan yang menjual produk asuransi tersebut.

Sebelum membeli produk asuransi secara online pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki lisensi resmi sebagai broker asuransi dan membandingkan apa saja keuntungan membeli asuransi mobil secara online tersebut. Selain itu, karena industri jasa keuangan bank, non bank, asuransi di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), pastikan juga bahwa produk asuransi yang ingin Anda beli masuk dalam pengawasan dan ijin dari OJK. Tips berikut ini bisa dipertimbangkan:

1. Jangan Tergoda Promo, Sesuaikan Produk yang Dibeli dengan Kebutuhan Khususnya Mengenai Tarif atau Biaya Premi
Lakukan pengecekan tarif tahunan. Periksa dan bandingkan dengan harga dari perusahaan lain untuk memastikan Anda mendapatkan kesepakatan harga terbaik. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan secara online sehingga dapat menemukan alat perbandingan asuransi dengan mudah. Perbandingan produk asuransi secara online bisa menjadi cara yang efisien dari sisi biaya dan waktu untuk menemukan paket yang lebih baik.

2. Cari yang Punya Produk “Asuransi Mobil Tanpa Survei”
Persetujuan klaim atas risiko yang langsung diterima tanpa melakukan survey saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi nasabah asuransi. Banyak maskapai yang muali menggunakan sistem penerbitan polis auto accept yang cepat dan benar-benar tanpa survei. Jadi pastikan produk yang diambil punya fitur seperti itu

Tips Praktis Mencari Asuransi Mobil Tanpa Survei
mencari asuransi mobil
Mencari Asuransi Mobil

Salah satu layanan unggulan yang banyak diincar nasabah asuransi adalah produk asuransi mobil tanpa survei. Praktis dan mudah serta cepat menjadikan produk layanan ini banyak disuka nasabah asuransi. Selain itu juga memberikan rasa aman serta nyaman. Pastikan layanan asuransi mobil tanpa survei tersebut juga tetap memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

1. Ada Baiknya Mempertimbangkan Produk Rekomendasi Dealer
Jika kita pintar mendekati dealer, mereka akan merekomendasi produk terbaik bagi kita. Dealer dengan pengalaman mereka di bidang otomotif tentu punya jaringan dan pengetahuan yang cukup terkait produk asuransi mobil. Syaratnya, pastikan bahwa dealer tempat Anda membeli kendaraan punya reputasi dan pengalaman yang baik.

2. Cek Berapa Banyak Bengkel Rekanan Umum dan Bengkel Authorized
Walaupun Anda mendapatkan kemudahan produk asuransi tanpa survei, namun jika bengkel rekanannya terbatas, Anda akan mengalami kendala saat klaim nantinya. Oleh karena itu perhatikan daftar bengkel rekanan mereka, apakah bengkelnya terpercaya dan mudah Anda jangkau atau tidak.

3. Cek Fitur Layanan Perusahaan, Pastikan Mudah dalam Mengakses dan Lengkap Fiturnya
Fitur layanan dari pihak asuransi kendaraan ini penting. Jangan sampai saat Anda membutuhkan layanan produk tertentu ternyata perusahaan kesulitan memberikan layanan karena di fitur tidak ada atau harus bertanya ke bagian lainnya. Apalagi jika Anda misalnya sedang di luar kota dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda akan bisa dengan mudah melaporkan masalah tersebut kepada pihak asuransi di mana Anda berada.

4. Cari yang Punya Fitur dan Layanan Aplikasi Online
Saat ini zaman sudah canggih, jadi cari produk dari perusahaan asuransi yang memiiki fitur layanan online dan tentu saja tanpa survey seperti ulasan di atas. Hal ini sangat memudahkan Anda, misalnya jika mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan tol, Anda bisa mengklaim asuransi via aplikasi tersebut langsung dari smartphone Anda.


Fitur Layanan Lengkap, Mudah, Praktis dan Tanpa Survei
Persaingan industri asuransi salah satunya adalah dari sisi kemudahan yang diberikan. Layanan online kini sudah biasa dilakukan hampir semua perusahaan. Untuk asuransi mobil sendiri kini salah satu yang dindalkan adalah layanan tanpa survei saat klaim terjadi. Dengan mengikuti tips dan ulasan di atas, Anda akan mendapatan produk terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Related Posts

Mau Lulus Survey Asuransi Mobil? Lakukan Hal Berikut
4/ 5
Oleh