Ini Beberapa Kesalahan dalam Mengganti Oli Motor


Banyak orang salah mengerti bahwa mengganti oli motor harus dilakukan setiap tiga bulan. Bahkan ada pula yang menyarankan agar diganti setiap bulannya. Padahal, lamanya oli dipakai tidak menjadi ukuran dia harus diganti atau tidak. 


Astra Honda Motor akan memberi anda tips, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor. 

Pertama, hal yang harus diperhatikan adalah jarak tempuh motor anda. Normalnya, motor baru atau keluaran tahun 2010 ke atas sebaiknya digantiper jarak tempuh 4.000 kilo meter (km) sedangkan motor keluaran 2010 ke bawah sebaiknya diganti setelah jarak tempuh 2.000 KM. Kenapa demikian? 

"Karena motor keluaran baru ini biasanya partikel-partikel mesinnya sudah terpasang lebih rapat karena perakitannya sudah menggunakan sistem komputerisasi sehingga lebih akurat pemasangannya," kata Fajar Supriadi Supervisor AHM Makassar.

Kedua, penggantian oli motor sebaiknya memperhatikan lokasi penggunaan motor. Banyak yang salah mengira bahwa menggunakan motor di dalam kota olinya bisa lebih lama digunakan dari pada motor yang digunakan untuk perjalanan jauh ke luar daerah.

Padahal, motor yang dipakai dalam kota membuat mesinnya lebih panas karena lebih sering dimatikan mesinnya dan gasnya naik turun apalagi di saat macet, hal ini membuat oli lebih cepat panas, sedangkan kalau dipakai ke luar kota kecepatan lebih stabil jadi oli lebih dingin.

"Jadi kalau normalnya motor yang dipakai perjalanan jauh digati olinya per 2.000 KM, motoryang dipakai dalam kota saja sebaiknya diganti saat dalam penggunaan 1.500 KM," jelas Fajar. 

Yang terakhir adalah beban. Saat menggunakan motor melebihi kapasitas bebannya, sebaiknya penggantian olinya juga dipercepat. Selain itu, Fajar juga mengingatkan agar selalu mengganti oli motor di bengkel asi demi menjaga keaslian oli yang digunakan motor Anda.  

"Selain itu, misalnya, menggunakan jasa bengkel resmi honda AHAS, pemilik kendaraan akan mendapatkan lima poin extra, diantaranya, pengengecekan rem, penyetelan rantai, pompa ban, dan pemeriksaan kelistrikan, termasuk penggantian oli,semuanya gratis, jadi yang dibeli hanya olinya," katanya.

Related Posts

Ini Beberapa Kesalahan dalam Mengganti Oli Motor
4/ 5
Oleh