Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua Usia 70 tahun


Pertambahan usia memang tidak dapat dihindari dan akan terjadi pada semua orang. Seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia, kondisi kesehatan seseorang akan cenderung menurun. Berbagai keterbatasan fisik mulai ditunjukkan oleh orang yang memiliki usia yang sudah tua. Segala kemungkinan terkait dengan risiko kesehatan dapat terjadi pada usia lanjut, yang dulunya segar bugar, makin bertambah usia semakin mudah terserang penyakit.  

Usia tua bisa dimulai sejak masa pensiun, mulai dari 55 tahun ke atas. Sayangnya tidak banyak orang tua yang menyadari jika dirinya menghadapi risiko ancaman berbagai penyakit tersebut. Saat usia semakin senja seharusnya gaya hidup sehat harus semakin ketat dilakukan serta proteksi asuransi kesehatan juga harus dimiliki. Jika tidak, pada akhirnya, anaknyalah yang akan bersusah payah untuk mencari biaya pengobatan bagi orang tuanya jika sakit.

Kondisi ekonomi masyarakat yang pas-pasan membuat produk asuransi kesehatan kurang populer bagi orang lanjut usia khususnya di luar kota besar. Hal ini sudah menjadi budaya lama yang ada di berbagai penjuru bumi. Walaupun beberapa pihak sudah mulai menyadari pentingnya melindungi dirinya , namun nyatanya jumlah pemakaian asuransi kesehatan masih sangat minim.


Produk Asuransi untuk Para Manula (Manusia Usia Lanjut)

Usia senja ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi perusahaan asuransi. Beberapa perusahaan asuransi membuat produk khusus untuk manula tersebut. Melalui produk ini diharapkan agar para orang tua lebih terjaga dan terjamin kesehatannya sehingga tidak perlu merasa khawatir ketika harus membayar pengobatan yang ada di rumah sakit dengan harga selangit saat sakit.

Perusahaan asuransi yang menyediakan kesempatan bagi para manula ini menyediakan dua jenis asuransi yang berbeda berikut ini:

Asuransi kesehatan stand-alone atau asuransi kesehatan murni seperti misalnya produk asuransi dari Allianz, AXA Insurance (general), Cigna dan Sinar Mas,  
Asuransi jiwa unit link dengan manfaat tambahan (rider) dalam bentuk perlindungan kesehatan misalnya saja Manulife (MVP – Manulife Value Protector)
Jika Anda merasa lebih membutuhkan asuransi yang menyediakan asuransi tambahan agar ringan dalam membayar rawat inap, maka  dapat memilih asuransi unit link dan kemudian meminta asuransi tambahan kepada pihak asuransi. Kelebihan dari proteksi kesehatan yang dimiliki oleh unit link memang cukup terjamin dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya. Selain itu proteksi kesehatan di rumah sakit dengan unit link juga memiliki batasan usia yang lebih panjang dibandingkan dengan unit kesehatan murni atau tanpa unit link.

Beberapa ketentuan yang berlaku bagi produk asuransi tersebut adalah sebagai berikut:

Proteksi kesehatan rumah sakit di unit link memiliki ketentuan usia yang lebih panjang dibandingkan asuransi kesehatan murni.
Usia masuk pada asuransi kesehatan murni maksimal adalah 65 tahun, sedangkan pada asuransi unit link bisa sampai 70 tahun.
Pertanggungan asuransi bisa diperpanjang sampai batasan usia tertentu, untuk asuransi kesehatan murni sampai 70 tahun, sedangkan unit link  sampai 79 tahun.
Asuransi Kesehatan Unit Link untuk Usia 65 Tahun Keatas dan Manfaatnya


Batasan usia masuk asuransi di asuransi kesehatan murni adalah 65 tahun, sedangkan batasan usia jika terdapat unit-link adalah 70 tahun. Selain itu sebagai nasabah asuransi juga dapat memperpanjang hingga batasan usia yang sudah disediakan oleh pihak perusahaan asuransi. Jika di asuransi kesehatan murni memiliki batasan hingga 70 tahun sedangkan dengan unit link memiliki batasan hingga 80 tahun.

Berdasarkan hal ini, akan lebih menguntungkan jika bagi orang tua memiliki asuransi dengan tipe kedua yaitu asuransi tambahan dengan unit link. Namun semuanya kembali kedalam setiap kebutuhan manula yang ada. Jika memang manula merasa tidak perlu rawat inap pada hari mendatang maka manula bisa memilih tipe asuransi kesehatan murni.

Namun jika manula memang merasa dirinya memerlukan pengobatan intensif di rumah sakit dan mau berjaga-jaga akan hari depan, maka akan lebih baik jika manula memilih asuransi kesehatan tambahan dengan unit link ini.

Related Posts

Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua Usia 70 tahun
4/ 5
Oleh